Inilah 10 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Loading...
Loading...
Nama kelor mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, tanaman yang sering dikaitkan dengan hal mistik ini ternyata memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap remeh, terutama di bagian daunnya.



National Institute of Health (NIH) mengatakan, bahwa tanaman kelor telah dimanfaatkan oleh berbagai kelompok etnis untuk mencegah dan mengobati lebih dari 300 penyakit.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kelor sebagai pohon ajaib atau "miracle tree".

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi daun kelor?

Berikut Dunia Info Telah merangkum 10 Manfaat Daun Kelor, dan inilah manfaat daun kelor bagi kesehatan :

1 . Mengatasi Diabetes

Menurut Universitas Wisconsin LaCrosse, kandungan mineral yang tinggi seperti seng, membuat daun kelor memiliki sifat anti diabetes, yang mana kandungan tersebut diperlukan untuk produksi insulin.

Insulin adalah hormon alami yang dihasilkan oleh pankreas. Saat kita makan, pankreas akan melepaskan hormon insulin yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi.

Oleh karena itu, daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

Selain itu, asam klorogenat pada daun kelor juga terbukti dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau mengeluarkan glukosa yang diperlukan.

2 . Mencegah Kanker

Dari hasil penelitian jurnal Oncology Letters, ekstrak daun kelor dapat mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung antioksidan dan potasium yang tinggi, di mana kandungan tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

3 . Menyehatkan Mata

Siapa sangka, ternyata daun kelor mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Seorang pakar herbal, Tati Winarto, menjelaskan bahwa daun kelor memiliki banyak kandungan nutrisi, salah satunya adalah vitamin A.

Meski sedikit meragukan, faktanya daun ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi, bahkan 4 kali lebih tinggi bila dibandingkan dengan wortel.

4 . Baik Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui memerlukan gizi yang cukup agar kesehatan bayi tetap terjaga. Daun kelor mengandung zat besi, protein dan vitamin c, adapun unsur flavonoid yang dapat membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak.

Selain itu, kandungan proteinnya juga membuat ASI menjadi lebih berkualitas. Namun, sangat tidak disarankan mengonsumsi daun kelor saat sedang hamil, terutama trimester pertama.

5 . Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas sendiri bisa disebabkan oleh polusi, senyawa kimia, asap rokok, dan pola makan yang buruk. Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif yang dikaitkan dengan penyakit jantung dan diabetes.

Oleh karena itu, daun kelor dapat menjadi solusi untuk menurunkan tingkat radikal bebas dalam tubuh.

6 . Menyehatkan Pencernaan

Sifat anti-inflamasi pada daun kelor dapat mencegah maupun mengobati sakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, infeksi dan masalah pencernaan.

Selain itu, daun kelor juga dapat membantu mengontrol berat badan dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama berkat kandungan seratnya yang tinggi.

7 . Menurunkan Tekanan Darah dan Kolestrol

Menurut Tati Winarto, daun kelor memiliki manfaat yang tidak terduga yaitu menjaga tekanan darah dan mencegah kolesterol.

Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung zat nitril, glikosida minyak mustard, dan tiokarbamat glikosida, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

8 . Mengurangi Peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah respons tubuh terhadap suatu bahaya, seperti infeksi, stres, serta bahan kimia beracun.

Namun peradangan yang berkelanjutan dipercaya menjadi salah satu gejala penyakit jantung dan kanker.

Daun kelor, buah-buahan, dan sayuran lain dipercaya mengandung senyawa isotiosianat yang merupakan sumber anti-inflamasi utama.

Sayangnya, penelitian ini masih terbatas pada hewan, yang mana masih perlu diteliti apakah daun kelor mempunyai efek anti-peradangan yang serupa.

9 . Menyehatkan Kulit

Karena mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, daun kelor sangat baik untuk kesehatan kulit. Caranya dengan ditumbuk sebagai masker wajah atau bisa juga dikonsumsi sebagai sayur.

Jika dilakukan secara rutin maka dapat menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

10 . Menyehatkan Otak

Kandungan protein dan asam amino triptofan yang tinggi, menjadikan daun kelor berfungsi sebagai neurotrasmitter, termasuk membantu tubuh dan mood agar "merasa lebih baik".

Selain itu, kandungan antioksidan dan senyawa tiroid pada daun kelor, dapat menjaga tingkat energi tubuh untuk mencegah kelelahan berlebih, depresi, mood yang buruk, dan insomnia.

Daun kelor cukup aman jika diminum dan digunakan dengan tepat. Agar manfaat daun kelor dapat dirasakan sepenuhnya, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan praktisi yang berkompeten dalam pengobatan herbal.

Referensi Sumber : https://doktersehat.com
Loading...

0 Response to "Inilah 10 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Diketahui Banyak Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel